Pantangan Penderita Asam Urat

Pada umumnya, asam urat seringkali menyerang persendian di lutut, tumit, siku, jari jari, serta pergelangan tangan. Penyebab utama asam urat seringkali adalah tumpukan kristal pada persendian yang disebabkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. Hal ini terjadi sebagian besar disebabkan karena kurangnya kinerja pada ginjal dalam fungsinya mengeluarkan asam urat yang berlebih pada tubuh melalui urin. Hal lain yang dapat menjadi penyebabnya yaitu tubuh yang memproduksi asam urat dalam jumlah berlebih sehingga mempertinggi kadar asam urat.

Asam urat sesungguhnya lebih berisiko menyerang orang yang mengalami obesitas. Meskipun demikian, makanan yang mengandung kadar purin tinggi dapat menjadi penyebab kadar asam urat meningkat drastis. Apakah anda tahu asam urat sangat dipengaruhi oleh kadar kolesterol dalam tubuh sesorang? Oleh karena itu, sangatlah penting bagi anda untuk menjaga asupan makanan dari pantangan asam urat dan kolesterol agar kolesterol darah tetap terjaga dan terhindar dari risiko terserang asam urat.

Berikut beberapa asupan makanan yang perlu dipantang jika anda mengalami gejala asam urat:
– Daging hewan ternak (sapi, kambing, babi), daging unggas (ayam , bebek)
– Jeroan hewan seperti jantung, ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak.
– Seafood seperti udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden.
– Makanan kalengan seperti kornet, sarden kalengan, dll
– Makanan yang digoreng ,bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
– Kacang kacangan, kacang kedelai (termasuk tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
– Sayuran tertentu seperti kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
– Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.
– Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.

Selain menjalankan pantangan di atas, penderita penyakit asam urat juga sangat disarankan untuk selalu banyak minum air putih apalagi bagi mereka yang mempunyai penyakit batu ginjal. Dengan banyak minum air putih akan sangat membantu ginjal untuk mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh melalui urine. Selain itu anda penderita asam urat juga dapat menyembuhkan penyakit anda dengan obat herbal asam urat yang alami dan ampuh. Demikian pembahasan mengenai pantangan yang harus dijalankan bagi penderita asam urat, untuk dapat sembuh total dari penyakit asam urat tentu memerlukan proses dan harus menjaga pola asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh jangan sampai berlebihan. Semoga artikel ini dapat membantu kita semua dalam melawan penyakit asam urat yang hampir mengancam semua kalangan.

sumber : www.emedicinehealth.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *