Definisi dan Resiko Dari Penyakit Jantung Bengkak

Definisi Penyakit Jantung Bengkak
Sebuah situasi atau kondisi organ dari jantung yang menyebabkan ukuran dari jantung menjadi lebih besar abnormal dan merupakan salah satu dari jenis penyakit jantung yang ada. Penyakit jantung bengkak atau dalam bahasa medis disebut juga sebagai kardiomegali ini paling umum dan sering dikaitkan dengan adanya penyakit tekanan darah tinggi / hipertensi,  namun  juga dapat terjadi akibat hal lainnya sebagai akibat dari kondisi jantung lainnya, seperti gagal jantung kongestif, dan penyebab non-jantung lainnya seperti anemia jangka panjang.

Pembesaran pada organ jantung (kardiomegali) bukanlah penyakit, melainkan gejala atau pertanda dari kondisi gangguan tubuh yang lain.Istilah “kardiomegali” ini paling sering merujuk ke pembesaran jantung yang terlihat jika dilakukan pada foto toraks sebelum tes lain dilakukan untuk mengetahui dan mendiagnosa kondisi tubuh penderita. seseorang  dapat mengalami pembesaran pada jantung untuk sementara karena stres pada tubuhnya tak terkecuali, seperti kehamilan, atau karena kondisi medis, seperti melemahnya otot jantung, penyakit arteri koroner, masalah katup jantung atau irama jantung yang abnormal.

Walaupun memiliki pembesaran jantung tidak selalu dicegah, biasanya diobati. Pengobatan untuk pembesaran jantung ditujukan untuk memperbaiki penyebab yang mendasari. Pengobatan untuk pembesaran jantung dapat mencakup obat-obatan, prosedur medis atau operasi.

Berbagai gejala yang bisa dirasakan akibat jantung bengkak ini, memang pada beberapa orang, pembesaran jantung tidak menyebabkan tanda-tanda atau gejala. Yang lain mungkin memiliki tanda-tanda dan gejala:

  • Sesak napas saat bernafas
  •  Pusing
  • Irama jantung yang abnormal (aritmia)
  • Pembengkakan (edema)
  •  Batuk batuk
  •  Sakit pada bagian dada

Resiko komplikasi dari Penyakit Jantung Bengkak
Pembesaran organ jantung ini bisa memicu terjadinya berbagai macam gangguan kesehatan / penyakit lainnya dan dibawah ini  merupakan komplikasi organ jantung yang membesar yakni:

  1. Penyakit Gagal jantung. Merupakan salah satu jenis yang paling serius dan berbahaya  dari pembesaran jantung, ventrikel kiri membesar, meningkatkan risiko gagal jantung. Gagal jantung bisa terjadi ketika jantung Anda tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Dengan seiringnya waktu, organ jantung tidak bisa lagi bersaing dengan tuntutan yang normal diletakkan di situ. Otot jantung akan melemah, dan stretch ventrikel (membesar) ke titik bahwa jantung tidak dapat memompa darah secara efisien ke seluruh tubuh Anda.
  2. Resiko komplikasi pembekuan darah. Memiliki dan mengalami pembesaran jantung dapat membuat Anda lebih rentan terhadap pembentukan gumpalan darah kecil di selaput jantung Anda. Jika gumpalan dipompa keluar dari jantung dan memasuki sistem peredaran darah Anda, mereka dapat memblokir aliran darah ke organ-organ vital, termasuk jantung dan otak menyebabkan serangan jantung atau stroke. Jika gumpalan mengembangkan di sisi kanan jantung Anda, mereka dapat melakukan perjalanan ke paru-paru Anda, kondisi berbahaya yang disebut emboli paru.
  3. Jantung murmur Bagi orang yang memiliki pembesaran jantung, dua dari empat katup jantung – mitral dan katup trikuspid – mungkin tidak menutup dengan benar karena mereka menjadi melebar, yang mengarah ke aliran balik darah. Aliran ini menciptakan suara yang disebut murmur jantung. Murmur jantung tidak selalu berbahaya, tetapi mereka harus dipantau oleh dokter Anda.
  4. Serangan jantung hingga bisa berujung kepada kematian mendadak. Beberapa bentuk jantung membesar dapat menyebabkan gangguan irama detak jantung Anda. Beberapa irama jantung ini terlalu lambat untuk memindahkan darah Anda, dan beberapa terlalu cepat untuk memungkinkan jantung untuk mengalahkan benar. Dalam kedua kasus, ini irama jantung abnormal dapat mengakibatkan pingsan atau, dalam beberapa kasus, serangan jantung atau kematian mendadak.

Jika anda atau kerabat anda mengalami kondisi pembengkakan jantung sebaiknya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan anda agar tidak sampai ke tahap komplikasi yang cukup kronis. Pada saat itu mungkin dokter akan meminta  Anda menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengetahui kondisi dan juga apa yang bisa mengakibatkannya seperti dibawah ini :

  1. Kapankah Anda merasakan gejala pertama kali?
  2. Apakah gejala yang dirasakan terus-menerus atau sesekali?
  3. Keluhan apa yang anda rasakan ?
  4. Asupan makanan apa yang anda konsumsi sehari hari?
  5.  Apakah Anda minum alkohol? Berapa banyak?
  6. Apakah Anda perokok?
  7. Anda suka beraktifitas fisik/ berolahraga ?
  8. Apakah keluarga Anda atau kerabat yang  memiliki riwayat keluarga penyakit jantung?

Dari jawaban yang anda berikan dan hasil pemeriksaan barulah dokter bisa menyimpulkan dan memberikan cara mengobati penyakit pembengkakan pada jantung yang paling cepat dan aman. Atau bisa juga anda memanfaatkan dengan mengkonsumsi obat herbal jantung bengkak yang paling ampuh sehingga anda tidak perlu sampai dilakukan tindakan pembedahan ataupun tindakan medis lainnya. Sudah banyak penderita penyakit jantung bengkak yang sembuh akibat mengkonsumsi herbal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *